WCF ikut Ramaikan Pasar Komik Bandung

0

268

Bandung – Roadshow budaya World Culture Forum dalam acara Pasar Komik Bandung 5, yang di selenggarakan pada 7-8 Mei 2016 di Braga City walk menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi, Antonius Harso W. (Steering Committee WCF) dan beberapa komikus ternama dari beberapa daerah di Indonesia, yaitu Wiratama (Digidoy, Medan), Muhammad Guntur (Dloco Lombok), dan Garry Wibiksana (Bandung). Mereka berbincang-bincang tentang kearifan lokal yang dibingkai dalam rangkaian gambar dan cerita berupa komik.

Selain berbincang soal komik dan kearifan lokal, RoadshowWorld Culture Forum (WCF) juga menghadirkanpameran pasar komik Bandung juga menampilkan workshop singkat menggambar dan mewarnai komik yang di mentori oleh komikus-komikus tersebut.

Dalam sesi Talk show atau Diskusi budaya yang mengangkat Tema Kearifan lokal dalam komik nasional menurut bapak Antonius sebagai sebuah bangsa, Indonesia menawarkan sebuah pertemuan kebudayaan yang penting artinya mengingat saat ini kita melihat begitu banyak gesekan gesekan peradaban yang menimbulkan konflik konflik berkepanjangan dibelahan dunia, Indonesia memberanikan diri sebagai negara yang multi Kultur dan etnik. Melalui komik iniah salah satunya Indonesia bisa mengenalkan keragaman kulturnya ke khalayak ramai.

Menurut komikus Kang Wibik A.K.A Garry Wibiksana (Bandung), dalam sesi yang sama menjelaskan dirinya dalam berkomik sering menyisipkan konten-konten lokal budaya bandung seperti dari sisi keseharian masyarakat bandung dalam bahasa sunda dan lelucon lelucon sunda sama seperti komikus Medan Wiratama dan Muhamad Guntur dari Lombok yang selalu menyisipkan budaya local daerahnya masing-masing sebagai konten komik yang dibuatnya.

Sesi Diskusi yang menarik ini berakhir dengan Tanya jawab dari peserta diskusi serta penyerahan secara simbolik dari komunitas ikat Bandung pada para Komikus sebagai bentuk apresiasi karena sudah melestarikan konten local dalam bentuk komik.

Foto dan tulisan: Zulkarnaen

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.