Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014

0

75

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014 berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Jl. Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada 1 Oktober 2014 pukul 08.00 WIB. Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawan-pahlawan pemimpin dan generasi pendahulu. Bangsa yang arif dan bangsa yang bisa memetik pelajaran untuk menyongsong masa depan dengan harapan Indonesia bisa lebih maju, demikian amanat Susilo Bambang Yudhoyono dalam upacara.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan upacara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan berbagai kementerian dan Polda Metro Jaya. Upacara dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Hj. Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono beserta Ibu Hj. Herawati Boediono, jajaran kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, para anggota DPR yang akan dilantik, pimpinan lembaga tinggi negara, pejabat Kepolisian/TNI, duta besar negara-negara sahabat, serta relasi dan keluarga dari Pahlawan Revolusi.

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014 yaitu Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi. Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober adalah milik bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya agar benar-benar dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemerintah menetapkan Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila untuk pelaksanaan di instansi pemerintah, swasta dan masyarakat, dalam dan luar negeri.

Urutan kegiatan upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih, acara persiapan yaitu pasukan upacara memasuki tempat upacara, diambil alih oleh Komandan Upacara, pasukan pasang sangkur lalu diistirahatkan. Acara pendahuluan berupa paduan suara (Aubade), Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono selaku Inspektur Upacara beserta Ibu Hj. Ani Yudhoyono turut menyaksikan Aubade, laporan Perwira Upacara, Inspektur Upacara menuju mimbar upacara, dan salam kebangsaan.

IMG_2906

Acara pokok Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila terdiri dari penghormatan pasukan, laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Persiapan Pembacaan Naskah Pancasila oleh Ketua DPD RI, tanda kebesaran buka, Pembacaan Naskah Pancasila oleh Ketua DPD RI, tanda kebesaran tutup, Pembacaan Naskah UUD 45 oleh Ketua MPR RI, Pembacaan dan Penandatanganan Ikrar oleh Ketua DPR RI, Pembacaan Doa oleh Menteri Agama RI, Andhika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, penghormatan pasukan. Acara penutup antara lain Salam Kebangsaan, Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara, Aubade, dan Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara dan diakhiri dengan persembahan lagu-lagu oleh Aubade Gema SMA Jakarta yang diiringi orkestra dari Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta yang membawakan lagu ciptaan Susilo Bambang Yudhoyono Untuk Bumi Kita, serta beberapa lagu kebangsaan seperti Bangun Pemudi Pemuda, Gugur Bunga, Syukur Kepada Pahlawan, dan Garuda Pancasila.

IMG_9197

Kesatuan-kesatuan peserta upacara terdiri dari Satu Kompi SD, SMP, SMA, Satu Pleton Pramuka Kwartir Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Satu Pleton Mahasiswa, Satu Pleton Unsur KNPI DKI Jakarta, Satu Pleton Protokol TNI AD, Satu Pleton Protokol TNI AL, Satu Pleton Protokol TNI AU, Satu Pleton Protokol POLRI, Satu Pleton Up Taruna AKMIL, Satu Pleton Up Taruna AAL, Satu Pleton Up Taruna AAU, Satu Pleton Up Taruna AKPOL, Satu Pleton Korps Wanita masing-masing dari KOWAD, KOWAL, WARA, dan POLWAN, Satu Unit Korsik Mabes TNI/POLRI, Perwira Pengerah Pasukan Kolonel. Inf. Deidy Aprias Sahri, SH, Perwira Upacara Kolonel Inf. Ibnu Triwidodo, Pembawa Acara Serda Kowat Tri Nia Sekarwati, Serma BEK/W Maria Monica Indah S, Serka AMD Annisa Fitriah, Briptu Regia Crenada, Perwira Keamanan Mayor Arifin Martha, dan pengamanan oleh TNI dan POLRI sebagai pelaksana pengamanan secara fungsional.

IMG_2690

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.