Upacara Melasti Menyambut Tahun Baru Saka 1938

0

241

Jakarta Umat Hindu di wilayah Jabodetabek melaksanakan upacara Melasti menyambut Tahun Baru Saka 1938. Upacara Melasti dipusatkan di Pura Segare, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (6/3).

Dalam upacara Melasti ini, seluruh umat Hindu dari berbagai pura di Jabodetabek datang dan berkumpul untuk melaksanakan ibadah pengambilan air suci bersama. Umat Hindu tersebut datang sembari membawa Pekayuh yang dhantarkan sebagai rasa syukur kepada Sang Hyang Widi.

I Gusti Made Dana, Ketua FKUB Jakarta Utara, menjelaskan bahwa Melasti adalah prosesi penyucian diri dan prasarana sembahyang menggunakan air suci yang diambil dari tengah laut. Melasti ini adalah ritual tahunan yang bertujuan untuk menyucikan (wan alit) dan menyucikan alat-alat ibadah menggunakan air laut yang akan diambil dari tengah laut oleh perwakilan pendita. Upacara ini wajib dilaksanakan sebelum Hari Raya Nyepi, jelas I Gusti Made Dana.

Setelah melaksanakan Upacara Melasti, umat Hindu Jabodetabek akan melaksanakan Upacara Tawur Kesanga pada 8 Maret 2016 yang akan dipusatkan di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur. Setelah melaksanakan upacara tersebut, keesokan harinya umat Hindu di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah Catur Bratha Penyepian atau Nyepi.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.