Sambal Matah: Sambal Khas Pulau Dewata

0

Sambel matah adalah bumbu tradisional Bali yang dapat ditemukan di seluruh daerah di Provinsi Bali. Sambel berarti sambal, dan matah memiliki arti mentah. Sambel matah merupakan sambal yang berbahan mentah tanpa digerus (diulek). Bahan-bahan sambel matah yaitu: bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, sereh, jeruk lemo dan minyak kelapa.

Untuk membuat sambel matah, bahan-bahan tersebut dirajang, terasi direndam dan dihancurkan dalam minyak kelapa, setelah terasi hancur bersama minyak disiramkan pada bahan-bahan yang telah dirajang. Sambel matah digunakan sebagai bumbu makanan seperti ayam sisit dan ikan bakar, bisa juga digunakan sebagai pelengkap makanan. Ciri khas sambel matah adalah rasanya yang pedas, sangat digemari oleh masyarakat Bali yang memang memiliki selera makanan pedas. Sambel matah biasanya digunakan tidak lebih dari sehari, sebab jika lebih dari sehari bahan-bahannya sudah mengeluarkan bau yang kurang sedap dan sambal ini tidak bisa dipanaskan.

Bahan-bahan mentah yang menjadi ciri khas sambel matah diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Bawang merah yang menjadi bahan utama sambel matah memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan kita apabila dikonsumsi mentah, antara lain: kandungan sulfur dalam bawang merah dapat mencegah terjadinya kanker, menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi resiko serangan jantung, meningkatkan produksi insulin dalam tubuh sehingga dapat mengontrol diabetes, dll. Bawang putih memiliki kandungan berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain kalsium, potasium, vitamin c serta beberapa zat antioksidan. Sereh juga memiliki kandungan zat mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan HDL (kolesterol sehat), detoksifikasi, anti kanker, mencegah gangguan perut, dll. Jeruk lemo (jeruk purut) juga bahan utama sambel mateh yang memberikan cita rasa yang khas sambel matah. Jeruk lemo memilik knadungan vitamin c yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh, menjaga fungsi organ pencernaan dan membantu detoksifikasi dalam tubuh.

Saat ini sambel matah semakin digemari oleh masyarakat bahkan sampai di luar Bali. Sambel matah sudah menjadi menu wajib bagi rumah makan atau restoran yang menyajikan makanan tradisional Bali, ikan bakar, ayam bakar dsb., mulai dari kelas restoran lokal sampai internasional. Beberapa restoran di luar Balipun juga menyediakan sambel khas Bali ini. Bahkan sambel matah saat ini sudah menjadi varian rasa salah satu produk mie instan nasional. (WN)

 

Sumber: BPNB BALI

Share.

About Author

Leave A Reply