Residency Exhibition Program 2014

0

69

Pameran Seni Visual Karya Seniman Residensi Galeri Nasional Indonesia 2014

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerjasama dengan Galeri Nasional Indonesia dan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (FSR IKJ) mengadakan program Residensi Perupa (Artist in Residence) atau Residency Exhibition Program 2014. Program ini mengajak para perupa untuk mengikuti rangkaian kegiatan mulai tanggal 8 Agustus17 September 2014 di 3 kota yaitu Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta, berupa kunjungan ke komunitas seni, melihat peninggalan sejarah, galeri/museum, diskusi, workshop, ekskursi dan pada tahap akhir perupa diharuskan memproduksi karya untuk dipamerkan kepada masyarakat luas.

Pameran Seni Visual Karya Seniman Residensi Galeri Nasional Indonesia 2014 akan berlangsung pada tanggal 717 September 2014 di Gedung C Galeri Nasional Jakarta, Jl. Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat. Dari 90 pelamar, terpilih enam perupa berbakat yang berasal dari Indonesia dan mancanegara, yaitu Fachriza Jayadimansyah (Indonesia), Lala Bohang (Indonesia), Maria Vasquez Castel (Perancis), Laura Mergoni (Italia), Tetsuro Kano (Jepang), dan Young Choi (Korea Selatan). Materi yang dipamerkan adalah hasil interpretasi dari para perupa yang disuguhkan dalam bentuk karya instalasi, seni grafis laser, eksplorasi keramik, lukisan hyperrealis hingga karya interaktif.

Keseluruhan karya dibalut dalam konsep Cultural Interpretation and Dialogue yang dipilih oleh tim kurator Citra Smara Dewi dan Dolorosa Sinaga. Konsep tersebut merupakan hasil eksplorasi estetik dan percakapan kreativitas berdasarkan pengalaman cultural masing-masing seniman lintas negara terhadap potensi dan dinamika budaya yang ada di tiga kota besar lokasi residensi yaitu Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta. Selain pameran, akan digelar Artist Talk pada tanggal 9 September dan Workshop Drawing serta Seni Grafis Laser pada tanggal 10 September yang akan dipresentasikan oleh seniman peserta Artist in Residence. Acara terbuka untuk umum.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.