Rangkaian Acara Ekspedisi Sungai Cibanten

0

197

Serang Dalam rangka HUT Provinsi Banten ke-15, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BCPB) Serang, Banten mengadakan acara Ekspedisi Sungai Cibanten dengan tema Cibanten for All. Acara yang dimulai sejak 5 Oktober 2015 lalu ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, antara lain Seminar Sungai Cibanten, Pameran Cagar Budaya, Ekspedisi Sungai Cibanten dan Focus Group Discussion (FGD), Kemah Budaya dan Pemutaran Film, dan Lomba Menulis Puisi dan Lomba Foto Cagar Budaya.

Rangkaian acara Ekspedisi Sungai Cibanten dimulai dengan Seminar Sungai Cibanten dengan tema Lupa Sungai dan Kebudayaan: Membingkai Ulang Peradaban dan Peranan Sungai Cibanten. Seminar ini dilaksanakan di Hotel Mahadria, Serang, Senin (5/10). Seminar ini menghadiri pembicara Dr. Supratikno Raharjo, Dosen Arkeologi FIB UI, Drs. Enjat Djaenuderadjat, mantan Direktur Sejarah dan Purbakala Kemdikbud RI, dr. Achmad Wikarya, Kabid KSDA dan PKL BLHD Banten, serta Drs. Surya Helmi, mantan Direktur Pelestari Cagar Budaya dan Museum Kemdikbud RI.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Pameran Cagar Budaya yang berlangsung sejak 28 Oktober 1 November 2015 di Eks-Gedung Pendopo Karesidenan Gubernur Banten. Pameran tersebut menampilkan koleksi-koleksi museum dan instansi, seperti Museum Provinsi Banten, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, Balai Arkeologi Bandung, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Museum Nasional, Museum Benteng Vrederburg, Musuem Naskah Proklamasi, BPCB Aceh, BPCB Batu Sangkar, BPCB Serang, dan seniman Bogor.

Puncak kegiatan dari rangkaian acara yang diadakan BPCB Serang adalah Ekspedisi Sungai Cibanten yang diadakan berkerjasama dengan arkeoog, Basarnas, Dinas Pekerjaan Umum Kota Serang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten, Besar Wilayah Sungai Ciujung, Cidanau, dan Cidurian, serta BAPPEDA Provinsi Banten. Tujuan dari ekspedisi sungai ini adalah untuk mencari peninggalan purabakala yang tertinggal di sekitar aliran Sungai Cibanten.

Selain tiga acara diatas, kegiatan lain yang diselenggarakan adalah Kemah Budaya dan Pemutaran Film serta Lomba Menulis Puisi dan Lomba Foto Cagar Budaya. Kemah Budaya yang diselenggarakan di Eks-Gedung Pendopo Karesidenan Gubernur Banten ini berlangsung dari 28 Oktober 30 Oktober 2015. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 20 SMA/SMK se-kota Serang dan diisi dengan beberapa kegiatan, seperti cara pembuatan gerabah dan proses Registrasi Cagar Budaya. Sedangkan untuk kegiata Lomba Menulis Puisi dan Lomba Foto Cagar Budaya diikuti oleh berbagai kalangan pendidikan dari setingkat SD hingga Perguruan Tinggi.

Share.

About Author

Comments are closed.