Puluhan Dalang Bocah Bercerita di Museum Seni Rupa, Jakarta

0

204

Jakarta Sebanyak 22 dalang bocah dari berbagai provinsi di Indonesia ikut dalam Festival Dalang Bocah 2015. Acara yang diselenggarakan untuk ke-6 kalinya ini merupakan kegiatan kerjasama antara PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Pusat, SENAWANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), Unit Pengelola Museum Seni dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaa, Kemdikbud RI. Acara ini berlangsung sejak 20 22 November 2015 di Musuem Seni Rupa, Jakarta Kota, Jakarta.

Festival Dalang Bocah ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan jati diri dan karakter bangsa kepada generasi muda sejak dini. Melalui kegiatan ini, anak-anak disadarkan tentang ragam budaya Indonesia, salah satunya Wayang. Selain itu, kegiatan ini juge bertujuan untuk melestarikan kesenian Wayang di Indonesia.

Lalu Anom Wire Jagat, salah satu dalang bocah dari NTB turut ambil bagian dalam festival ini. Dalang bocah ini membawakan kesenian Wayang NTB, Serat Menak dengan lakon Negare Megade. Jagat, biasa dia disapa, merupakan siswa kelas 5 SD. Ia mempelajari kesenian Serat Menak sudah 3 tahun sejak kelas 2 SD. Awalnya saya senang mendengar dan menonton kesenian Serat Menak di Mataram. Karena senang, akhirnya saya mau mempelajari kesenian ini, ungkap Jagat.

Festival Dalang Bocah berlangsung selama 3 hari, 20 22 November 2015. Pada hari ketiga akan ada pertunjukkan beberapa dalang dan akan diumumkan juara Festival Dalang Bocah 2015.

Share.

About Author

Comments are closed.