Pra Acara Perayaan Hari Wayang Dunia 2015

0

199

SurakartaPerayaan Hari Wayang Dunia tahun ini dilaksanakan pada 68 November 2015, bertempat di Institut Seni Indonesia Surakarta. Pada Pra Acara diselenggarakan Parade Wayang, yang mengusung wayang tokoh Semar berukuran raksasa (setinggi 5,3 meter) karya dan koleksi Sanggar Wayang Gogon Surakarta, diikuti oleh para seniman dalang, penatah dan penyungging wayang, serta pemerhati wayang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dengan berbagai atribut yang berkaitan dengan wayang.

Rute Parade Wayang ini berangkat dari Rumah Dinas Walikota Surakarta (Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi) menuju Balaikota Surakarta dan berakhir di Kampus ISI Surakarta (Jalan Ki Hajar Dewantara 19 Kentingan, Jebres). Parade wayang yang berlangsung pada 6 November 2015 ini dimulai pukul 15.30 dan berakhir pukul 17.00 WIB.

Pawai Wayang diramaikan oleh beberapa paguyuban, di antaranya Sanggar Wayang Gogon Surakarta yang mengusung Semar Sang Pamomong setinggi 5 meter, simbol kebangkitan budaya Nusantara; Himpunan Mahasiswa Pedalangan ISI Surakarta, Samudra Manthana Jogjakarta, Pepadi Karanganyar, Program Studi Teater ISI Surakarta, Paguyuban Seniman Karanganyar (Sekar) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo Cah Perantauan, Paguyuban Seniman Wonogiri, Persaudaraan seniman Sukoharjo (Persojo), dan Sanggar Pulang Geni Surakarta.

 

Share.

About Author

Comments are closed.