Persembahan Budaya Tutup Gelaran BBM ASEAN

0

287

Bandung Usai tampil di hadapan wisatawan asing dan domestik di aula utama Saung Angklung Udjo (SAU), para siswa delegasi ASEAN unjuk gigi menampilkan kesenian khas negaranya masing-masing. Tak hanya sebagai persembahan budaya semata, namun juga menutup rangkaian acara BBM ASEAN 2016.

Ini merupakan pertunjukan yang luar biasa. Mereka semua telah kami ajak berkeliling tempat yang tidak hanya edukatif, tetapi juga mengajarkan dan mengenalkan budaya Indonesia. Malam ini, mereka menutup acara ini dengan pertunjukan yang manis sekali, jelas Yayuk, Kasubdit Kerjasama, Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Masing-masing perwakilan negara menunjukan kebolehannya berkesenian, mulai dari menari, bermain alat musik, bernyanyi, sampai dengan teater boneka. Tak sampai di situ, kolaborasi apik juga ditampilkan antara satu negara dengan negara lainnya. Ini menunjukan kalau kita adalah ASEAN,ujar salah seorang Head of Delegation dari Brunei Darussalam.

Program budaya BBM ASEAN ASEANLearning from the Cultural Experts ini merupakan inisiatif Indonesia yang digawangi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini merupakan upaya strategis Kemendikbud, agar para generasi muda ASEAN dapat turut melestarikan dan mengembangkan kebudayaan melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dengan para ahli.

Diharapkan, melalui kegiatan ini kesadaran pelajar di regional ASEAN akan pentingnya budaya semakin meningkat, serta dapat memperkuat rasa kebersamaan dan saling pengertian antarwarga ASEAN, khususnya di kalangan generasi muda. Acara ini juga merupakan pilot project dan menjadi role model, yang diharapkan dapat diadopsi oleh negara ASEAN lain.

Nantinya, kegiatan ini akan diusulkan pada forum ASEAN Ministers responsible for Culture and Arts (AMCA) Meeting dan Senior Officials MeetingonCultureandArts di Brunei Darussalam, 21-25 Agustus mendatang.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.