Penyelamatan Batu Temuan di Dusun Gopalan

0

Senin (15/7/2019) tim Balai Konservasi Borobudur melakukan penyelamatan batu temuan di Dusun Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur. Batu temuan yang diselamatkan dari daerah ini berupa batu luar dan batu isi Candi Borobudur.

Batu yang diselamatkan adalah batu luar yang berelief berjumlah 4 buah batu. Selanjutnya batu dibawa ke kantor Balai Konservasi Borobudur. Kondisi batu temuan tersebut dalam keadaan baik dan masih terlihat jelas bentuk reliefnya. Untuk batu isian Candi Borobuduruntuk saat ini tidak ikut serta dibawa ke Kantor Balai Konservasi Borobudur dan masih berada di tempat pertama kali ditemukan.

Batu temuan ini merupakan batu yang ditemukan oleh penduduk pada saat menggali tanah untuk keperluan pembangunan kolam renang salah satu hotel di sekitar Candi Borobudur. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke kantor Balai Konservasi Borobudur. Selanjutnya berdasarkan laporan tersebut, Balai Konservasi Borobudur mengirimkan tim monitoring dan evaluasi Kawasan Cagar Budaya Borobudur untuk  mendatangi lokasi dan melakukan pengecekan serta pendataan temuan untuk melihat kondisi sebagai bahan evaluasi guna menyusun perencanaan penyelamatan dan pengamanan benda cagar budaya.

Balai Konservasi Borobudur memberikan kompensasi atas temuan cagar budaya sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat yang turut menyelamatkan cagar budaya.
Pemberian kompensasi diberikan kepada sejumlah orang yang turut serta dalam penyelamatan cagar budaya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini lebih memacu masyarakat untuk ikut berperan serta dalam pelestarian cagar budaya.

 

Sumber: Balai Konservasi BOROBUDUR

Share.

About Author

Leave A Reply