Pengumuman Pemenang Festival Dalang Bocah 2015

0

216

Jakarta Malam puncak acara pengumuman pemenang Festival Dalang Bocah diselenggarakan di Museum Seni, Minggu, (22/11/2015). Pada hari kedua pelaksaan kegiatan ini juga masih dilaksanakan pertunjukkan dari 7 peserta yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta.

Salah satu peserta yang berpartisipasi adalah M. Alif Satria Dirgantara dari Jawa Timur dengan lakon Bima Saguh. Alif mengaku butuh persiapan seminggu untuk tampil dalam festival ini. Alif merupakan peserta terakhir dalam festival ini. Melalui festival ini anak-anak disadarkan bahwa mereka merupakan bagian dari sebuah kultur yang memiliki ajaran watak luhur dan menjadi panduan dalam kehidupan.

Para peserta memerankan dan mengekspresikan seluruh kemampuan dirinya yakni mulut, telinga, gerak tangan dan kaki, konsentrasi pikiran, dan sekaligus menjadi pemeran serta sutradara dari pementasan dari lakon yang dibawakan.

Tepat pukul 19.00 acara pengumuman pemenang dimulai, para peserta Festival Dalang Bocah telah duduk rapi pada bangku yang telah disediakan. Mereka begitu antusias menunggu saat pengumuman.

Laporan kegiatan oleh ketua panitia penyelenggara mengawali acara. Kemudian, Ketua Pepadi Pusat memberi sambutan sekaligus secara resmi menutup ini. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan ini. Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang. Terdapat 7 kategori pemenang yakni, penyaji lakon terbaik, penyaji catur terbaik (dialog wayang), penyaji sabet terbaik, penyaji kreativitas terbaik, penyaji iringan terbaik, penyaji humor terbaik, dan dalang mumpuni.

Semua peserta dianggap pemenang. Mereka tentu memiliki kelebihan dan daya tarik masing-masing saat melakukan dalang. Penghargaan Dalang Mumpuni jatuh pada Aditya Saputra yang berasal dari Riau dengan lakon Anoman Duta. Pemenang Dalang Mumpuni dianggap sebagai dalang yang telah memenuhi semua aspek, mulai dari cara bertutur, gerak tubuh, seni suara, musik, alur cerita, dan semua yang berhubungan dengan pertunjukkan saat melakukan dalang.

Para pejabat Pepadi Pusat serta perwakilan dari Museum Seni pun memberikan penghargaan kepada para pemenang.

Share.

About Author

Comments are closed.