Penampilan Perdana International Ramayana Festival 2013

0

24

INDIA

Para Penari Ramayana Festival Delegasi India

Festival Ramayana merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di panggung terbuka Ramayana, Candi Prambanan, Yogyakarta. Pada tahun ini Festival Ramayana menghadirkan acara yang bersifat Internasional, sehingga terdapat 9 negara Asia yang ikut tampil dalam menyajikan acara ini. Negara-negara tersebut diantaranya adalah India, Kamboja, Myanmar, Singapura, Laos, Thailand, Filipina dan Indonesia yang mengirimkan 2 delegasi yaitu Yogya dan Bali.

Hari pertama Festival Ramayana Internasional dibuka oleh Bapak Kacung Marijan Selaku Direktur Jenderal Kebudayaan. Pembukaan yang disambut meriah oleh pesta kembang api tersebut disusul oleh penampilan dari delegasi India yang menghadirkan cerita Sayembara Untuk Sita.

Cerita pertama versi India ini bermula Rama yang merupakan reinkarnasi dari Wisnu, lahir sebagai putra sulung dari empat putra Raja Dashrath dari Ayodhya. Ketiga putra yang lain adalah Lakhsman, Bharat, dan Shatrughan. Rama tumbuh besar di bawah asuhan ibunya Kaushalya yang penuh kasih saying. Bersama dengan adik-adiknya, Rama dilatih ilmu perang dan keagamaan oleh Guru Vashist.

Pada malam Swayamvara, Rama dan Sita pertama kali melihat satu sama lain di taman sekitar Kuil Dewa Gauri. Sita berdoa pada Gauri agar Rama dijadikan suaminya. Akhirnya, hanya Rama yang berhasil memenuhi syarat perlombaan, yakni mematahkan busur panah. Sita memakaikan mahkota pada Rama.

Pertemuan Rama dan Sita

Kabar akan patahnya busur tersebut membawa Parashuram ke Janakpuri, bertekad untuk menghukum orang yang mematahkan busur panah Gurunya. Namun, pada akhirnya dia menyadari adanya kedewaan dalam diri Rama, dan pergi setelah memberkatinya.

Sita memakaikan kalung pada Rama saat memenangkan sayembara

KAMBOJA


Para Penari dan Musisi Ramayana Festival Delegasi Kamboja

Penampilan kedua yaitu penampilan dari delegasi Kamboja dengan episode Pengasingan Rama dan Penobatan Bharata. Cerita dimulai ketika Rama pulang ke Ayodhya, Dasaratha ingin menjadikannya sebagai raja. Namun istrinya Kaikeyi tidak setuju karena termakan hasutan Kubja, pelayan kesayangannya, yang memendam dendam pada Rama. Dasaratha pernah menjanjikan dua permintaan pada Kaikeyi ketika dia menyelamatkan hidupnya di pertempuran di masa lalu, Kubja membujuk Kaikeyi untuk menagih kedua permintaan tersebut, yakni mengasinhkan Rama selama 14 tahun dan menobatkan Bharata sebagai Raja. Dasaratha yang tidak mampu menahan rasa duka karena harus mengusir putera sulungnya, wafat. Rama dan Sita, karena menghormati janji Dasaratha, pergi ke pengasingan.

Delegasi Kamboja dengan episode Pengasingan Rama dan Penobatan Bharata

Bharata, adik kedua Rama kemudaian menolak tahta Dasaratha dan pergi ke hutan untuk membujuk kakaknya kembali ke Ayodhya untuk menjadi Raja. Namun Rama tidak bersedia dengan alasan dia ingin menghormati keputusan mendiang Dasaratha. Rama akhirnya memberikan sandalnya kepada Bharata untuk dibawa pulang. Di Ayodhya, Bharata sebagai pengurus tahta menggelar upacara penobatan Raja in-absentia dan menaruh sandal Rama di kaki tahta sebagai symbol, lalu menunggu kepulangan Rama.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.