Profesi-profesi yang Terlibat Dalam Pembangunan Candi Pada Masa Lalu

0

Profesi Pembangun Candi

Candi-candi Hindu dan Budha yang terletak di Jawa Tengah sebagian besar terbuat dari batu andhesit. Candi-candi tersebut dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk bangunannya, yakni bangunan tunggal dan bangunan kelompok. Dengan ukurannya yang besar dan menjulang tinggi tak heran membuat candinya terkesan begitu megah. Keindahan dan pancaran seni yang tinggi juga ditonjolkan lewat ornamen yang dipahatkan. Sebut saja Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Gedongsonggo dan Candi Dieng yang memenuhi kriteria kemegahan candi yang sudah disebutkan tadi.

Jika diamati secara lebih saksama, tidak terbayangkan kesibukan para pekerja di masa lalu dalam menyelesaikan pembangunan sebuah candi. Bukan saja menjadikan candi berseni tinggi, namun juga membuat candi dapat berdiri dengan kokoh. Belum lagi penggunaan material berupa blok-blok batu yang keras seolah menawarkan kesulitan tersendiri. Para pekerja tentunya membagi tugas agar terorganisir dengan jelas.

Di bawah ini adalah spesialisasi pekerja-pekerja yang menangani pembangunan sebuah candi di masa lalu berdasarkan sumber-sumber data tertulis:

  1. Shapaka, merupakan arsitek pendeta. Ia haruslah seorang Brahmana yang paham benar akan kitab suci yang benar-benar mahir dalam ilmunya dan tingkah lakunya sesuai dengan kasta dan tingkatan hidupnya.
  1. Sthapati, ialah arsitek perencanaan yang memegang peranan utama dalam pelaksanaan pembangunan.
  2. Sutragrahin, merupakan pelaksana dan pimpinan umum bidang teknis
  3. Taksaka, merupakan ahli pahat
  4. Vardhakin, ialah ahli seni hias.

Dari beberapa profesi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pembangunan candi telah ada pembagian pekerjaan yang jelas. Masing-masing profesi memberikan kontribusinya untuk mendirikan bangunan candi yang indah. Ini tentunya dibutuhkan kerja sama dan jiwa kegotongroyongan yang diabdikan demi agama dan rajanya.

 

sumber: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/2017/03/15/profesi-profesi-yang-terlibat-dalam-pembangunan-sebuah-candi/

This post is also available in: English

Share.

About Author

Leave A Reply