Pameran Seni Rupa "Ruang Baru"

0

80

Pameran Seni Rupa Ruang Baru

Jakarta. Galeri Nasional Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Komunitas Seni Roepa Doea Pintoe menyelenggarakan Pameran Seni Rupa Ruang Baru pada 2030 November 2014. Pembukaan berlangsung di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat dengan sambutan oleh Tubagus Andre Sukmana, Kepala Galeri Nasional Indonesia.

Pameran ini merupakan bagian dari generasi yang penuh semangat luar biasa. Ruang baru adalah ruang untuk tidak stagnan. Disinilah kreativitas perlu digalakkan. Tentu seni rupa kita tidak akan ada matinya. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu pameran ini. Selamat mengapresiasi, ujar Tubagus Andre Sukmana.

Berikutnya ada acoustic performance dari Rizal Tan Menan, Rico Somala, dan Al Goz yang menyuguhkan musik etnik. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan dari Komunitas Seni Roepa Doea Pintoe, Seno Andrianto dan pengantar oleh kurator Kuss Indarto. Sapardi Djoko Damono, budayawan senior secara resmi membuka pameran.

Konsep Ruang Baru merupakan representasi dari empat gejala dalam diri para perupa dan kelompok perupa di Indonesia, yaitu (1) para seniman yang tidak lagi mengikuti pakem seniornya, (2) terjadinya pergeseran pandangan diantara seniman bahwa proses kreatif bukanlah pemberian/bakat (given), melainkan merupakan sistem representasi intelektualitas, sistem penanda habitus, respons kreatif sebagai homo socius (makhluk sosial), (3) adanya kecenderungan baru dimana para seniman menggunakan teknologi untuk membantu proses produksi kreatif baik yang memengaruhi konsep maupun praktik kreatif, (4) gejala yang terakhir, jejaring kerja (networking) antar-personal dan antar-komunitas memungkinkan transfer pengetahuan bahkan kemunculan sistem pengetahuan baru.

Karya-karya yang akan dipamerkan dalam Ruang Baru merupakan hasil olah cipta para perupa dari Yogyakarta, Jakarta, dan Bali; berupa karya dua dimensi seperti karya lukis, grafis/printmaking, serta karya tiga dimensi berupa patung dan instalasi. Para perupa tersebut antara lain Agus Iswahyudi, Agus TBR, Galuh Taji Malela, Hayatudin, Laila Tifah, Setyo Priyo Nugroho, dan Tjokorda Bagus Wiratmaja. Selain pameran, akan diadakan Gallery Tour pada 20 November 2014 dan Workshop Sketsa Wajah pada 23 dan 30 November 2014 yang terbuka untuk umum.

Pameran Seni Rupa Ruang Baru akan berlangsung 2030 November 2014 pukul 10.0018.00 WIB di Gedung C Galeri Nasional Indonesia. Diharapkan melalui pameran ini, para seniman dapat terus berkarya dan menemukan Ruang Baru dalam perkembangan dunia seni rupa.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.