Pameran Gelar Museum Nusantara 2014 "Sabuk Peradaban Nusantara, Jejak 1,5 Juta Tahun"

0

81

Jakarta. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pameran Gelar Museum Nusantara yang bertajuk Sabuk Peradaban Nusantara, Jejak 1,5 Juta Tahun pada 22 November 2014 bertempat di Ruang Cenderawasih, Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan. Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, penampilan tari Ronggeng Betawi, pembacaan doa, sambutan dan laporan Direktur Pelestarian Cagar Budaya Permuseuman, Harry Widianto, serta sambutan sekaligus pembukaan oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan.

Museum kita akan jauh lebih kaya jika tidak hanya menjadi provider, tetapi juga platform bagi semua pihak untuk terlibat. Museum hendaknya berperan sebagai engagement provider. Lewat pameran ini diharapkan dapat menjadi tonggak baru. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Pameran Gelar Museum Nusantara ini secara resmi dibuka, ujar Anies Baswedan dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita sebagai tanda pembukaan Pameran Gelar Museum Nusantara 2014 Sabuk Peradaban Nusantara, Jejak 1,5 Juta Tahun, serta peninjauan koleksi pameran.

Maksud dan tujuan Pameran Gelar Museum Nusantara 2014 yaitu, untuk mengenalkan museum-museum di Indonesia yang sangat penting bagi pendidikan, memamerkan koleksi unggulan, menampilkan kejayaan sejarah dan budaya bangsa melalui tema-tema peradaban untuk menyampaikan informasi serta pencerdasan masyarakat dan membangkitkan apresiasi terhadap warisan budaya bangsa dan permuseuman di Indonesia. Pameran ini disajikan dalam enam subtema, yaitu:

  1. Awal Peradaban
  2. Peradaban Aksara
  3. Peradaban Kepercayaan dan Agama
  4. Peradaban Kesenian (Seni Rupa, Pertunjukan, dan Kriya)
  5. Peradaban Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  6. Menjadi Indonesia

Sebanyak 220 koleksi dari 60 museum di Indonesia ditampilkan dalam pameran. Selain itu, agenda kegiatan dalam Pameran Gelar Museum Nusantara 2014 antara lain, seminar sehari tentang permuseuman, lomba untuk anak sekolah, workshop penulisan aksara dan wayang, pementasan atraksi seni budaya dan pemutaran film-film sejarah dan budaya. Pameran Gelar Museum Nusantara 2014 Jejak Peradaban Nusantara, 1,5 Juta Tahun berlangsung pada 2224 November 2014. Diharapkan pameran ini dapat mendorong kesadaran berbagai pihak dalam melestarikan cagar budaya dan permuseuman.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.