Nilai Budaya Magis Suku Mee Papua

0

Suku Mee merupakan salah satu suku di Papua. Suku Mee mendiami wilayah Pegunungan Tengah Papua bagian Barat. Berbagai tradisi lisan dan adat kebiasaan Suku Mee mampu menguatkan kebudayaan mereka. Nilai budaya merupakan lapisan paling abstrak dan luas ruang lingkupnya berkaitan dengan ide-ide  alam dan pikiran.

Terdapat sejumlah nilai budaya yang patut diteladani, dipatuhi, serta djadikan sebagai cermin dalam hidup bagi para penuturnya. Salah satu nilai budaya di Suku Mee, adalah nilai Magis.

Kehidupan Suku Mee berkaitan erat dengan lingkungannya. Suku Mee mempercayai bahwa di dalam sebuah benda terdapat kekuatan dan kelemahan yang tersembunyi. Masyarakat Suku Mee percaya bahwa api memiliki suatu kekuatan yang dapat menghidupkan manusia.

Suku Mee beranggapan bahwa api dapat menghidupkan orang atau hewan yang telah mati,  hal tersebut terlepas dari kegunaan api dalam kehidupan manusia. Masyarakat Suku Mee juga menganggap bahwa didalam awan terdapat suatu kekuatan yang dapat menculik manusia.

Sumber: Pekei, Titus., dan Natalis Pakage. 2013. Menggali Nilai Budaya Tradisi Lisan Dari Papua “Kajian Cerita Rakyat Suku Mee”. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Share.

About Author

Leave A Reply