Napak Tilas Proklamasi Tahun 2014

0

61

Jakarta. Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan kegiatan Napak Tilas Proklamasi pada tanggal 16 Agustus 2014. Kurang lebih sekitar 1000 orang peserta berjalan kaki dari tempat dirumuskannya naskah proklamasi (Jalan Imam Bonjol No.1) menuju tempat dibacakannya teks proklamasi (Monumen Tugu Proklamasi). Peserta napak tilas berasal dari berbagai kalangan terdri dari tokoh-tokoh Angkatan 45, Wirawati Catur Panca, siswa, mahasiswa, sahabat museum, pramuka, komunitas sejarah, dan instansi terkait.

peserta

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 dan menyukseskan Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) tahun 2010-2014. Bekerja sama dengan Dewan Harian Nasional/Dewan Harian Angkatan 45, Museum Juang 45, dan Monumen Nasional, acara napak tilas secara resmi dilepas oleh Meutia Hatta selaku putri dari proklamator Muhammad Hatta.

Indonesia menjadi negara yang besar dan kita harus menjaganya agar tidak direbut kembali, ujar Meutia Hatta dalam sambutannya. Ia pun menambahkan tantangan masa sekarang adalah melawan gadget karena dengan hal itu kita dapat membela negara.

Meutia Hatta

Adapun napak tilas ini bertujuan sebagai upaya penyebarluasan informasi museum dan sejarah kepada masyarakat agar lebih memahami dan menyadari fungsi dan peranan gedung bersejarah perjuangan bangsa. Serta menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme khususnya generasi muda.

hattamarch

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.