Musik tradisional tatong yaitu alat musik yang berbunyi dihasilkan oleh alat musik yang terbuat dari bambu dengan dawainya pun dari bambu juga. Bambu yang digunakan adalah bambu petung yang memiliki penampang cukup besar dan tebal. Suara musik dihasilkan dengan cara dipukul dengan stik kecill yang terbuat dari bambu.

Alat musik ini selalu digunakan oleh masyarakat (komunitas) adat Uyelewun. Komunitas adat ini bertempat tinggal di Kecamatan Omesuri dan Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata. Lambat laun, alat musik tradisional tatong mengembangkan seni musik tradisional yang disebut dengan edang tatong. 

(Sumber : weeklyline.net)

Seiring berjalannya waktu, musik tradisional edang tatong sempat hilang dan tidak sering dimainkan lagi dalam keseharian masyarakat karena masyarakat telah familiar dengan suara musik gong dan gendang. Melalui tangan seorang guru di daerah Kedang Desa Leuwayan, Fransiskus Paya memperkenalakan kembali edang tatong dan mementaskan dalam berbagai event budaya baik tingkat lokal, daerah maupun nasional.

 

Sumber : BPNB BALI

(Admin: Kiki Setiaviranti)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *