Menumbuhkembangkan Perfilman Indonesia melalui Pameran

0

Jakarta – Sore itu, Minggu (3/4), Taman Menteng tampak ramai seperti biasanya. Namun ada yang berbeda dari sisi sudut taman. Pagar besi mengelilingi arena pojok kanan taman, tampak tim keamanan sedang bertugas di depan pintu masuk, panggung, serta barisan stan meramaikan suasana Taman Menteng kala itu. Ya! Rangkaian kegiatan Pesta Rakyat Hari Film Nasional masih terus berlangsung.

Selain kegiatan nonton bareng, berbagi cerita dengan tokoh-tokoh perfilman Indonesia, adapula pameran terkait perfilman Indonesia. Tepat pukul 15.00 pameran dibuka dan pengunjung mulai berdatangan mengunjungi stan. Tak hanya orang dewasa dan remaja yang hadir, namun tampak siswa-siswi yang masih duduk dibangku SD tampak berlarian memasuki stan Pojok Film Anak.

Pada stan ini, anak-anak diperkenankan untuk menonton film yang diputar. Dua hingga tiga film terus diputar untuk menghibur anak-anak. Mereka begitu antusias karena merasa terhibur dan mendapat ilmu baru. “Seneng banget kak nonton film bareng di sini, baru sekali aku ikut acara begini. Aku dapet temen baru juga nih”, ujar Mia salah satu siswi SD di bilangan Jakarta Selatan.

Keseruan tak hanya terjadi di Pojok Film Anak namun juga dalam stan Sekisah Film Indonesia. Dalam stan ini terdapat 5 layar yang memutar film-film Indonesia dari tahun 1970 hingga sekarang. Profil dari produser, sutradara dan tokoh terkait film tersebut. Terdapat pula berbagai stan lainnya yang tak kalah menarik yakni, stan Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia, Di Sini tentang Rumah Produksi, Sinematek Indonesia, dan School of Creative Media.

Pameran ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan perfilman Indonesia di masyarakat. Menunjukkan kepada masyarakat kontribusi terkait perfilman Indonesia serta perkembangannya yang kian pesat. Acara ini menjadi pengisi waktu luang masyarakat di akhir pekan. “Asyik juga kalau sering ada acara kayak gini, ngga bingung mau kemana. Gratis dan nambah wawasan juga,” tutur Doni salah satu pengunjung yang tak mau menyebutkan asalnya.

Bagi

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan