Menguak Sejarah Borobudur di Museum Borobudur

0

Museum Borobudur merupakan musuem yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia sebagai objek tambahan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Indonesia. Sebagai objek wisata yang menyokong fasilitas candi, Museum Borobudurmenyimpan banyak sejarah dan benda-benda terkait Candi Borobudur.

Museum yang didirikan pada tahun 2000 ini merupakan salah satu museum yang terletak di kawasan Candi Borobudur. Museum ini dibangun setelah Pemugaran tahap II yang dilakukan oleh Indonesia dan UNESCO pada tahun 1973-1983. Dahulu, kawasan yang digunakan sebagai lahan museum adalah desa-desa yang tersebar di sekitar Candi Borobudur.

Koleksi yang dimiliki oleh Museum Borobudur terdiri dari beberapa koleksi, antara lain reruntuhan batu hasil dari Pemugaran I yang dilakukan oleh Belanda, Catra atau ujung Candi Borobudur, beberapa patung Buddha baik yang sempurna atau belum sempurna, alat musik Gamelan Jawa, dan beberapa koleksi patung lainnya. Selain itu, museum ini juga menyimpan beberapa dokumnetasi terkait Borobudur, seperti sejarah Candi Borobudur, proses pemugaran candi, dan sejarah terkait pemboman yang terjadi di Candi Borobudur pada tahun 1985.

Museum Borobudur tidak hanya berfungsi sebagai objek wisata tambahan semata, namun juga berfungsi sebagai daya tarik kawasan Candi Borobudur dan penjagaan Candi Borobudur dari beban pengunjung yang semakin banyak setiap tahunnya.

Bagi

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan