Mahasiswa IAIN Surakarta Lestarikan Kesenian Karawitan

0

196

Salah satu produksi terbesar gemelan yang masih exis sampai saat ini terletak di desa wisata wirun, kecamatan mojolaban, kebupaten sukoharjo, provinsi jawa tengah. Berpuluh-puluh tahun desa wirun ini merintis menjadi desa indutri gamelan yang hingga sampai sekarang menjadi desa wisata indutri gamelan yang sudah di kenal sampai manca negara. Industri-industri kerajinan rumah tangga inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi wisatawan asing dan menjadi salah satu paket wisata industri yang kreatif.

Selain sebagai kawasan wisata industri gamelan, para muda mudinya juga melestarikan kesenian karawitannya. Namun tidak sebanding dengan produksi gamelan yang ada, anak muda disini sudah mencoba melestariakan terhadap kesenian karawitan dan sudah latihan 1 minggu dua kali. Namun di luar sana masih banyak muda mudi yang bisa di bilang tidak mengenal apa itu gemelan dan karawitan, padahal gamelan dan karawitan adalah salah satu aset indonesia yang sangat berharga.

Dari situlah kami KKN-T Iain Sukarkarta 2015 kelompok 6 mengundang Duta Wisata Sukoharjo pada hari sabtu tanggal 22 agustus 2015 dengan tujuan kehadirian mereka dapat menjadi insirasi para muda mudi untuk lebih mencintai kesenian indonesia terutama gamelan dan karawitan. Duta wisata sukoharjo juga ikut mempromosikan wisata gamelan dan karawitan desa wisata wirun dengan cara mereka. Dan warga desa wirun pun sangat antusias atas kedatangan duta wisata sukoharjo.

Share.

About Author

Comments are closed.