"Lihat Aku Menari!" di Taman Mini Indonesia Indah

0

283

Jakarta Direktorat Kesenian Kemendikbud menggelar acara pembukaan Festival Nasional Tari di Pelataran Parkir Selatan Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (6/8). Kegiatan yang mengangkat tema Lihat Aku Menari! ini diikuti oleh anak berusia 8-12 tahun dari seluruh Indonesia.

Tarian yang dibawakan oleh perwakilan dari 34 propinsi mengawali acara. Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid pun turut mengapresiasi kegiatan ini. Melalui sambutannya yang dibacakan oleh Endang Caturwati, Hilmar berharap anak-anak dapat menuangkan kreasi individual mereka dan mampu memberi manfaat, membina, dan mengembangkan seni tari.

Membentuk karakter anak menjadi lebih berani, bertanggung jawab, mandiri, mudah berinteraksi dan mengembangkan imajinasi, tukas Endang. Tak hanya menjadi tempat silaturahmi, kegiatan ini pun juga menambah energi positif yang kelak dapat melindungi dan melestarikan warisan budaya.

Secara simbolis, kegiatan dibuka dengan pemukulan gong oleh Endang Caturwati diwakili oleh Direktur Budaya TMII Sulistyo Tirtokusumo dan empat pengamat tari dalam festival ini.

Adapun, festival ini bersifat selebrasi yakni memberi hiburan edukatif dan bernilai kultural kepada anak Indonesia. Sejumlah penghargaan pun akan diberikan kepada penampil terbaik yaitu, 5 penyaji terbaik, 5 penata tari terbaik, 5 penata musik terbaik, 10 penari terbaik, 5 penata rias dan busana terbaik dan 1 grup favorit.

Share.

About Author

Comments are closed.