Kerukunan Umat Beragama Dalam Nyepi Di Bali

0

246

Ada sesuatu yang unik terdapat di Banjar Canggu Permai, Desa Tibubeneng, Kuta Utara dimana notabenenya mayoritas penduduk pendatang (non-hindu) dari luar pulau bali. Para pemuda Banjar Canggu Permai yang dinamakan ST. Satya Dharma saat ini dipimpin oleh Doni Saputra seorang Pemuda (non-hindu) yang bukan berasal dari bali, menurutnya semangat kebhinekaan yang telah lama terjalin mereka tunjukkan dengan selalu ikut serta dalam pawai ogoh-ogoh maupun hari raya keagamaan lainnya.

Pembuatan ogoh-ogoh tahun ini dimulai dari pertengahan bulan januari sampai dengan awal bulan maret, dimana biaya sepenuhnya mereka dapatkan dari kas pemuda dan sumbangan sukarela dari setiap warga yang ada di Banjar Canggu Permai. Sedangkan pada saat nyepi mereka juga membantu tugas pecalang dalam menjaga kedamaian maupun keamanan di sekitar Banjar Canggu Permai.

Di pagi hari menghirup udara segar mendengarkan kicauan burung serta suara alam dan di malam harinya suasana hening diharapkan mampu menjadikan para umat berinstropeksi diri atas apa yang dilakukan selama ini

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.