Kemdikbud Pilih 3 Pemenang Desain Rumah Budaya Indonesia di Timor Leste

0

39

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud telah memilih 3 pemenang desain Rumah Budaya Indonesia (RBI) untuk penempatan di Dili, Timor Leste. Pemilihan desain berdasarkan sayembara yang dilakukan hasil kerja sama Kemdikbud, Kemenlu, dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Penjurian sayembara telah dilaksanakan di Hotel Atlet Century, Jakarta pada tanggal 7 Maret 2014. Dewan juri beranggotakan Diah Harianti (Direktur Internalisasi Nilai dan Dilomasi Budaya) yang mewakili Direktur Jenderal Kebudayaan, Muhammad Anshor (Kementerian Luar Negeri), Adhi Moersid (IAI), Totok Rusmanto (Ketua Dewan Juri) dan Yulianto Sumalyo (IAI).

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengemukakan bahwa sayembara desain RBI bertujuan memberikan ruang yang luas bagi para arsitek Indonesia, agar mereka dapat terjun langsung ikut mendesain untuk Indonesia. “Diharapkan memberikan semangat para arsitek-arsitek di Indonesia untuk berlomba dalam membuat bangunan. Tidak hanya di Indonesia melainkan di luar Indonesia juga,” ujarnya.

Wamendikbud bidang Kebudayaan, Wienda Nuryanti.
Wamendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti.

Pendirian RBI di Dili, Timor Leste berlatar belakang implementasi rekomendasi Komisi Kebenaran dan Persahabatan Republik IndonesiaRepublik Demokratik Timor Leste (KKP RIRDTL) untuk meningkatkanpeople-to-peoplecontactdan persahabatan antarmasyarakat di 2 Negara tersebut. Pendirian RBI pertama di Dili, Timor Leste dikarenakan memiliki hubungan yang erat, unik dan dinamis antara Indonesia dengan Timor Leste. Secara fisik RBI harus selesai bulan September 2014 ini,” tambah Wamendikbud.

Sementara itu, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Acep Sumantri mengatakan gagasan pembangunan RBI ini merupakan upaya membangun hubungan kedua Negara (Indonesia dan Timor Leste). RBI dapat menjadi pintu masuk alternatif untuk pengenalan budaya Indonesia di Luar Negeri, ujarnya.

Adapun pemenang dari sayembara konsep desain RBI ini yaitu:

  1. Juara pertama : Baskoro Tedjo
  2. Juara kedua : Timmy Setiawan Tjahya
  3. Juara ketiga : Irina Kencana Sari
Pemenang sayembara Rumah Budaya Indonesia di Dili, Timor Leste.
Juara I Rumah Budaya Indonesia di Dili, Timor Leste.

Selain di Timor Leste, rencananya Kemdikbud akan mendirikan RBI di 9 negara lain. Negara-negara lain tersebut antara lain Amerika Serikat, Australia, Jepang, Cina, Prancis, Turki, Myanmar.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.