Kebudayaan Indonesia

BASOEKI ABDULLAH ART AWARD 2016

Pada tahun ini Museum Basoeki Abdullah mengadakan sebuah kegiatan Basoeki Abdullah Art Award untuk menumbuhkan sikap kritis dan pengembangan keilmuan seni lukis Basoeki Abdullah. Basoeki Abdullah Art Award juga sebagai sarana untuk mengenalkan kembali ketokohan pelukis Basoeki Abdullah di kalangan generasi muda dan khalayak umum. Basoeki Abdullah Art Award merupakan bentuk penghargaan sebesar-besarnya kepada Basoeki Abdullah, terhadap eksistensinya sebagai pelukis yang telah mendedikasikan hidupnya dalam dunia seni lukis Indonesia yang telah membawa nama baik bangsa ini melalui karya seni lukis di kancah seni rupa dunia pada abad ke-20. Keahlian Basoeki Abdullah di bidang seni lukis telah diakui oleh dunia seni rupa internasional karena karya-karyanya telah tersebar dan dimiliki oleh berbagai negara di dunia.

TEMA

EKOLOGI : Ruang Maya ke Ruang Alam

Seperti diketahui seni lukis Basoeki Abdullah mengusung secara signifikan beberapa tema, seperti legenda rakyat, pemandangan alam, sosok pemimpin dunia, dan perempuan cantik. Pada kesempatan kompetisi Basoeki Abdullah Art Award 2016 pihak panitia telah memilih tema pemandangan alam sebagai daya pikat tematik utamanya.

Tema pemandangan alam luas cakupannya, berbagai hal berada dalam lingkupnya. Pemandangan gunung dan pesawahan, alam laut yang membiru, mentari terbit dan terbenam di ufuk, atau alam pantai dengan desiran anginnya; pesona rimba yang penuh misteri, dan sebagainya. Masa kini pesona-pesona itu sedang berubah, dari hal yang sangat intim alami (natural) ke arah intim virtual lewat dawai-dawai teknologi digital. Manusia dan alam kian terpisah lewat layar dawai, pengalaman bernuansa natural mengurai menjadi pengalaman-pengalaman peristiwa benak semata. Dunia fisik bertumpang tindih dengan dunia maya (virtual).

Teks alam (nature) kini lebih rekat dengan teks ekologi atau ekosistem. Yang tersirat bukan lagi pesona-pesona estetik dan spiritual, tetapi sebagai citra bencana-bencana alam. Dalam konteks ini, manusia terlibat di dalamnya, bahkan tidak sedikit yang mengatakan manusialah penyebabnya. Teks alam yang estetik dan spiritual bergeser ke arah perihal permasalahan lingkungan hidup dan kehidupan manusia.

Deskripsi ringkas di muka pada intinya hendak menyampaikan hal-hal berikut. Pertama, gambaran kepada generasi muda tentang keseimbangan ekologi kita yang mulai terancam dan memberikan dampak timbal balik kepada penghuninya termasuk manusia. Kedua, Keindahan yang secara kasat mata biasa kita lihat dengan nyata secara perlahan berubah sirna bahkan terkadang hanya tinggal bisa dilihat melalui dunia maya. Ketiga, kecenderungan generasi muda yang hanya rajin berselancar di dunia maya dan terkaget-kaget dengan indahnya alam nyata. Fenomena pesona alam sekedar menjadi isu utama dalam dunia maya, yang kian menjadi pesona efek digital yang menjadi sarana ajang berfotoria.

Berikut adalah subtema-subtema terkait gambaran peristiwa alam di atas untuk menjadi rujukan tematik berkarya.

Sub tema :

1. Alam dan Teknologi

2. Alam dan Pencapaian Budaya

3. Alam dan Perusaknya

4. Alam, Manusia, Perkotaan dan Urbanitas

5. Alam dan Politik

HADIAH KARYA TERBAIK

1) Hadiah Total sebesar Rp. 250.000.000, - potong pajak, beserta trofi dan piagam untuk 10 karya terbaik.

2) 10 peserta karya terbaik akan diundang ke Museum Basoeki Abdullah Jakarta dalam acara penyerahan hadiah dengan fasilitas dari panitia.

 

Tim Juri BAA A 2015

Prof. Dr. Setiawan Sabana, MFA (Guru Besar FSRD ITB)

Yusuf Susilo Hartono, (Jurnalis Budaya)

Mikke Susanto, MA (Kurator dan Staf Pengajar ISI Yogyakarta)

Citra Smaradewi, M.Hum (Dekan FSRD IKJ)

Amir Sidharta, MA (Pengamat Seni)

 

PERSYARATAN PESERTA

Basoeki Abdullah Art Award 2016 terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 17 - 30 tahun.

Karya 2 dimensional (media dan teknik tidak mengikat/ Bebas)

Peserta diminta mengirimkan data yang terdiri dari:

1) Foto karya dan data visual karya?

2) Data pribadi atau Curriculum Vitae (kartu identitas disertakan).

3) Konsep karya/berkarya, atau keterangan lain. 

Peserta dapat mengajukan dua (2) karya yang dibuat dalam dua tahun terakhir untuk disertakan dalam kompetisi. Karya belum pernah disertakan pada kompetisi lain dan masih menjadi milik perupa.

Menyertakan dua foto karya 5 tahun terakhir yang telah dibuat sebelumnya untuk pembanding (karya selain yang diikutsertakan kompetisi).

Ketentuan karya yang disertakan:

1) Karya pemenang kompetisi Basoeki Abdullah Art Award akan menjadi milik Museum Basoeki Abdullah

2) Kirimkan foto Karya : Karya dua dimensional dikirimkan secara digital menggunakan file maksimal setiap gambar adalah Format foto karya untuk penilaian dan penjurian, JPEG dengan resolusi 1-2 mb (2000 x 1500 dpi).

3) Sisi-sisi maksimal karya berukuran 120 cm x 120 cm, minimal 80 x 80 cm baik berbentuk utuh ataupun himpunan satuan dari sebuah unit, bila berbentuk lingkaran ukuran minimal diameter 80 x 80 cm dan maksimal 120 x 120cm.

Hasil kompetisi bersifat mutlak berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri.

Waktu Pelaksanaan

1) Batas akhir pengumpulan data karya dari peserta tanggal 20 Juli 2016 (tanggal pengiriman).

2) Pengumuman Hasil Seleksi pertama 26 Juli 2016 melalui website Museum Basoeki Abdullah dan sosial media yang dimiliki oleh museum.

3) Batas akhir pengiriman karya asli 30 peserta yang masuk nominasi pada tanggal 25 Agustus 2016

4) Seleksi Tahap Akhir 29 Agustus 2016

5) Pengumuman Hasil Seleksi kedua diumumkan saat pembukaan pameran dan peresmian gedung baru Museum Basoeki Abdullah pada bulan Oktober 2016.

Pengiriman karya:

Data soft file/ digital bisa dikirimkan melalui email:

basoekiabdullahartaward@gmail.com

Pengiriman karya asli ditujukan ke alamat Museum Basoeki Abdullah :

Kepada Panitia BAAA 2016.

MUSEUM BASOEKI ABDULLAH

Jl. Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat

Jakarta Selatan 12430

Telp. 021-7698926

 

Kontak Person :

- Septian Tito Megananda (081290909245)

- Dian Ardianto (087878757484)

* Menggunakan pengemasan yang aman dan baik untuk karya yang masuk nominasi 30 karya terbaik.

 

Mekanisme Penjurian

1) SELEKSI TAHAP 1:

Seleksi pertama menjaring 30 karya peserta dari seluruh peserta yang masuk melalui foto dan data pelengkap yang masuk ke panitia.

2) SELEKSI TAHAP 2:

Penilaian berdasarkan 30 karya asli untuk memilih 10 karya terbaik penerima Basoeki Abdullah Art Award 2016.