Kebudayaan Indonesia

UNDANGAN TERBUKA PAMERAN BESAR SENI RUPA 2016

Jakarta – Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Pameran Besar Seni Rupa (PBSR) ke-4. Mengusung tema “Harmoni dalam Keragaman Budaya”, kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, September mendatang.

PBSR merupakan acara tahunan yang akan memamerkan karya-karya perupa perwakilan provinsi Indonesia. Tak hanya bertujuan untuk mempromosikan Provinsi Sulawesi Utara melalui Taman Budaya sebagai venue dan salah satu wilayah perkembangan seni rupa Indonesia, PBSR juga bertujuan untuk mendukung perkembangan karya-karya perupa wakil seluruh provinsi di Indonesia, dan meningkatkan apresiasi publik melalui presentasi karya-karya mutakhir para perupa Indonesia.

PBSR ke-4 kali ini hendak mencermati fenomena para seniman, perupa dan kreator di berbagai wilayah (secara administratif disebut provinsi) Indonesia, dengan sasaran mendorong berubahnya cara melihat fenomena seni dan kreatif dalam bidang seni rupa secara geopolitik dan administratif dengan pandangan yang cenderung melihat posisi ‘pusat ‘dan ‘daerah’ serta yang ‘utama’ dan yang ‘pinggiran’.

Berbagai wilayah Indonesia memiliki modal kultural dan modal alam yang unik, aneka bahan, teknik (dalam tradisi dan yang terbarukan) untuk dapat menghasilkan karya-karya seni rupa dalam tataran inspiratif, bahkan adiluhung.

Kegiatan ini juga merupakan upaya menjaring kekuatan kreatif lokal, yang sekaligus dapat menunjukan daya kritis dalam memanfaatkan modal kultural dan modal alam dalam berkarya. Pameran Besar ini hendak mendorong munculnya kekuatan dan kualitas baru karya-karya seni rupa dalam luasnya geografis Indonesia menjadi geliat kreatif  yang tersebar.

Karya-karya yang akan dipamerkan harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. Adapun ketentuan keikutsertaan peserta dapat diunduh pada lampiran berikut.

Poster Pameran Besar Seni Rupa 2016

 

Informasi lebih lanjut:

Aviandari Lestari (08112115599)

Rio (08176377097)

Anita(081287002592)

Tanti  (085749411260)