Kebudayaan Indonesia

Tumbuk Lada

tumbukLada.jpg2.jpg

Tumbuk lada adalah senjata Melayu Tradisional yang berasal dari Kepulauan Riau dan Semenanjung Tanah Melayu. Fungsi senjata Tumbuk Lada adalah untuk pertempuran. Tumbuk lada digunakan untuk menikam, mengiris dan menusuk dalam pertempuran jarak dekat. Perkembangan penggunaan Tumbuk Lada saat ini yaitu untuk perhiasan atau digunakan untuk acara adat dan pengobatan.  Tumbuk lada memiliki beberapa bentuk diantaranya adalah bilah senjata tumbuk lada berbentuk badik seperti badik sulawesi akan tetapi yang membedakan adalah bentuk sarungnya.  Selain itu, ujung pangkal sarung senjata tumbuk lada berbentuk bundar yang dihiasi dengan ukiran yang dipahat. Lapisan pada sarung Tumbuk Lada adalah lapisan kepingan perak yang diukir dengan pola yang rumit.  Tumbuk Lada merupakan senjata yang tergolong sebagai senjata pendek dengan mata sebelah bilah saja dan boleh digunakan tunggal atau sepasang. Pada zaman dulu Tumbuk lada merupakan bagian dari perlengkapan pakaian adat di Kepulauan Riau, Deli, Siak dan semenanjung tanah Melayu.


Tumbuk lada, yang berukuran lebih kecil dihiasi ukiran yang halus dan disaluti perak. Hulunya sering diukir penuh dengan bentuk tumbuh-tumbuhan. Ada ukiran tebuk tembus yang berbentuk bulat pipih di pangkal bahagian belakang sarungnya. Ukiran ini tidak kurang indahnya daripada yang terdapat pada hulunya. Ukiran yang halus ini sebanding dengan ruang kosong, yang bersalut dan bersendikan perak. Ukiran yang terdapat pada tumbuk lada ialah antara yang paling indah dan halus dalam seni rupa Melayu. Ada beberapa bahan yang dipakai untuk membuat senjata tradisional Tumbuk lada yaitu pada gagang terbuat dari tanduk kerbau, pisau dari kuningan atau besi sedangkan sarung pisau terbuat dari pangkal bambu atau tanduk kerbau.


Salah satu hal penting dari senjata Tumbuk Lada ini adalah setiap pengguna senjata ini bisa merasakan kecocokan memakai senjata ini dengan cara mengukur menggunakan teknik ibu jari kanan dan kiri serta secara turun temurum melihat petunjuk dalam mimpi. Saat ini proses pembuatan senjata Tumbuk lada banyak dibuat dengan mesin. Hal ini berbeda pada masanya Tumbuk Lada dibuat dengan tangan yang memerlukan keahlian spesial. Kondisi tersebut mungkisan saja akan berpengaruh terhadap kualitas Tumbuk lada saat ini.


Galeri Gambar



Budaya Terkait