Kebudayaan Indonesia

Jenis-Jenis Angklung Buhun

penari angklung_1454928434.jpg

Angklung buhun dibedakan dalam beberapa jenis sesuai dengan ukurannya. Jenis-jenis tersebut adalah:

  • Yang terbesar adalah Gong gong, dengan ukuran tinggi 130 cm dan lebar 70 cm. Gong gong dimainkan dengan mengayunkan angklung ke kiri kemudian kekanan sesuai nada, dan interval ayunannya adalah  ( _ ___    _ ___   _ ___ )
  • PANEMBAL, ukuran angklung ini lebih kecil dari gong gong,  tinggi sekitar 110 cm dan lebar 40 cm. Interval ayunannya adalah  __ __ __ __ __
  • Berikutnya adalah KING KING, dengan ukuran lebih kecil dari Panembal (Tinggi 90 cm, lebar 30 cm) dengan interval ayunannya  _ ___ _  _ ___ _   _ ___ _
  • Dan yang paling kecil ukurannya adalah INCLOK ( tinggi 50 cm, lebar 20 cm), dengan interval ayunan __ __ __ __ __

Selain Angklung, instrumen lain yang digunakan adalah BEGUD (Dog Dog) yang terbuat dari Bambu jenis MAYAN, dan kulit domba atau sapi. Bedug dengan ukuran diameter 20 cm dan panjang 100 cm, dimainkan dengan cara dipukul. Jumlah pemain bedug sebanyak 2 orang.

Biasanya alunan musik Angklung buhun diiringi dengan vokal 1 – 2 orang sinden yang melantunkan lagu lagu tradisional sambil menari.

Lagu tradisional yang menjadi pembuka dari pertunjukan angklung ini adalah “Adu Lilang”. Seiring perkembangan, Angklung Buhun juga dapat mengiringi alunan lagu lagu tradisional sunda lainnya, seperti lagu lagu kidung sunda pada umumnya.

 

Henriana Hatra


Galeri Gambar



Budaya Terkait