Kebudayaan Indonesia

Gula Merah Masih Menjadi Favorit

fudiners_Page_8 copy_1437225055.jpg

Kolak, biji salak dan teh manis kerapkali menjadi santapan berbuka. Santapan tersebut tidak lepas dari gula merah sebagai pemanis santapan. Gula merah merupakan bahan pemanis alamiah yang sangat populer. Di Jawa Timur ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk gula merah yakni tebu, air sadapan bunga kelapa, air sadapan siwalan dan air sadapan aren.

Pembuatan Gula Merah

Berikut penjelasan singkat teknik pembuatan gula merah dengan bahan air sadapan dari bunga pohon kelapa.

  1. Air sadapan bunga kelapa dimasak di dalam wadah besar sampai panas.
  2. Beberapa saat kemudian, cairan legen akan tampak kecokelatan dan mengental. Itu tanda susdah matang. Segera angkat wadah dan aduk cairan gula yang sudah mulai padat tersebut.
  3. Masukkan gula yang mulai mengental ke dalam wadah, biarkan sampai membeku dan siap dihidangkan.

Pembuatan Gula Merah

Di Jawa Timur, khususnya di wilayah selatan merupakan pusat tanaman kelapa sehingga sangat mudah dijumpai industri pembuatan gula merah. Kegunaan gula merah sangat beragam sehingga sampai saat ini gula merah tetap menjadi favorit. Pohon kelapa dan kesederhaan teknologi pembuatannya, menjadikan industri gula kelapa harus dikembangkan di masa mendatang.

Sumber:

Sutarto, Ayu, dkk. 2013. Pengetahuan Tradisiomal dan Ekspresi Budaya Lokal Jawa Timur. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.


Galeri Gambar



Budaya Terkait