Kebudayaan Indonesia

Kompleks Makam Kapura III di Dalam Hutan

Kompleks Makam Japura III_1436941943.jpg

Kompleks Makam Kapura III terletak kurang lebih 100cm di sebelah utara Kompleks Makam Japura I. pada kompleks makam ini, yang masih dapat diidentifikasi, terdapat 3 buah makam. Adapun tokoh-tokoh yang dimakamkan di sini, berdasarkan sumber lisan tidak dapat diketahui dengan jelas. Salah satu nama yang disebut Tuan Guru.

Kondisi nisan-nisan berbentuk biasa dan dalam keadaan kurang menguntungkan, bahkan sebagian sudah berserakan. Nisan pada kompleks makam ini memakan nisan tipe Riau, terbuat dari batu andesit dan tanpa memakai jirat.

Nama tokoh yang diiformasikan oleh sumber lisan sangat samar. Sebagian mengatakan “tidak diketahui”, sedangkan lainnya mengatakan “Tuan Guru”, sehingga sangat sulit untuk diklarifikasikan dalam referensi sejarah.

Posisinya berada hutan/semak belukar, sehingga nilai aksesibiltasnya kurang memadai. Kelebihannya, kondisi keterawatan situs di dalam kompleks makam yang cukup baik. Selain itu, kompleks makam ini berkonteks dengan Kompleks Makam Japura I dan Kompleks Makam Japura II.

Dengan demikian, makam ini masih memiliki nuansa bentang budaya. Secara fungsional, makam ini masih memiliki kesinambungan fungsi. Hal ini karena makam ini sampai sekarang masih difungsikan sebagai makam.

Sumber:

Hidayat, Teguh. (2012). Makam Raja-Raja Indragiri. Riau: Balai Pelestarian Propinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.


Galeri Gambar



Budaya Terkait