Kebudayaan Indonesia

Cemilan Penggugah Saat Berbuka Puasa

1_1436502802.jpg

Jamuan cemilan yang tersedia di meja dapat menarik perhatian ketika ada suguhan kue-kue lezat . Apalagi saat bulan Ramadhan seperti ini, berbuka puasa menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Dan meja makanlah sasaran utama ketika berbuka puasa. Berbagai cemilan ini bisa menjadi rekomendasi untuk berbuka puasa:

1. Nagasari, bisa menjadi makanan penggugah ketika berbuka. Nagasari merupakan kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang diisi pisang. Kue yang biasanya dibalut dengan daun pisang dan dikukus ini mudah untuk dijumpai. Proses pengukusan tersebut membuat kue ini menimbulkan aroma khas Jepara.

Nagasari putih dibuat dari bahan alami tanpa campuran pewarna yakni menggunakan santan. Terdapat beberapa variasi Nagasari diantaranya, Nagasari merah menggunakan campuran gula merah sebagai pewarna. Nagasari biru menggunakan campuran bunga telang dan Nagasari hijau menggunakan campuran daun suji.

2. Bikang, kue yang mudah dijumpai di pasar tradisional maupun di mal-mal besar ini, biasanya menjadi teman minum teh pada sore hari sehingga saat cocok disantap ketika berbuka.  Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, tapioka, gula pasir, santan dan telur. Bentuk kue bikang yang merekah dan kepulan asap yang kerapkali muncul ketika baru dimasak, menambah kenikmatan kue bikang.

3. Tahwa, makanan yang berbahan dasar tahu ini sangat lembut. Memberikan rasa hangat saat meneguk jahe manis panas sebagai kuah dari santapan ini. Sebagai pelengkap kenikmatan, ditaburi kacang tanah.

Semangkuk Tahwa


Galeri Gambar



Budaya Terkait