Arca Manusia Tanjung Telang

Arca Manusia Tanjung Telang berada di Situs Tajung Telang, Desa Tanjung Telang Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat. Situs ini berada di lingkungan perkarangan SMPN 2 Merapi Barat. Secara Astronomis situs ini terletak pada koordinat S 03º46’32.3”  E 103º36’10”. Dengan letak ketinggian 150 meter dari permukaan laut.

bpcb jambi

Situs Tajung Telang dalam penyebaran megalitik di Lahat dan Pagar Alam, merupakan situs yang berada paling timur dan paling jauh jaraknya dari Gunung Dempo. Lokasi ini secara imaginer terhubung aliran sungai yang berhulu di Gunung Dempo kemudian menyatu dengan aliran Sungai Lematang yang mengalir disisi selatan situs ini.

Masyarakat lokal mengenal arca manusia ini dengan sebutan arca putri yang menggambarkan orang dengan gajah. Wajah orang tidak digambarkan jelas hanya terdapat sedikit goresan menggambarkan mata besar. Posisi arca menghadap ke arah barat dalam kondisi posisi duduk dengan memegang gajah. Secara sepintas tampaknya gajah sedang dipangku oleh sosok arca manusia tersebut. Empat jari tangan kiri masih jelas sedang ibu jari tidak digambarkan (tersembunyi karena dalam posisi ditekuk), posisi tangan kiri ini sedang memegang bagian leher gajah. Pada pergelangan tangan kiri digambarkan perhiasan berupa dua gelang. Sementara tangan kanan memegang belalai gajah digambarkan mengayun kearah bahu kanan arca. Pada bagian pinggang arca digambarkan terselip sebilah senjata yang menyerupai belati/pedang. Pada kaki bagian kiri, khususnya pada bagian lutut digambarkan dalam posisi ditekuk, dimana pada bagian sisi luar lutut yang ditekuk digambarkan bulatan berbentuk lingkaran.

Bpcb jambi

 

Sumber: BPCB Jambi