Kebudayaan Indonesia

Arca Manusia Dibelit Ular

DSC_8493_1411442271.jpg

Arca Manusia Dibelit Ular

Arca Manusia Dibelit Ular berada di Dusun Tanjung Aro, Keluruhan Kuripan Babas, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Pada kegiatan inventarisasi yang dilaksanakan pada tahun 2010 oleh Tim Kelompok Kerja Dokumentasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi. Tinggalan megalitik yang berada di kaki Gunung Dempo ini, didatasebagaiinventaris  nomor : SML/PGR/02/2010. Secara astronomis Arca Manusia Dibelit Ular berada di titik S S 04º001’17.2” E 103º14’11.1”

arca manusia dibelit ular

Arca ini berada di area persawahan yang tidak jauh lokasinya dari pemukiman masyarakat. Arca Manusia Dibelit Ular memiliki ukuran ; panjang 1, 21 m, lebar 1 m dan tinggi arca 1 m. Dilihat dari posisi keletakan arca, Arca Manusia Dibelit Ular ini tidak jauh posisinya dari Kubur Batu yang berada di tengah pemukiman masyarakat Dusun Tanjung Aro.

BPCB Jambi

Arca figur manusia dibelit ular ini terbuat dari batu alam tunggal (monolit) dengan pahatan profil 2 manusia dililit ular, sedangkan salah satu dari manusia tersebut pada bagian kepala digigit ular. Arca ini sendiri merupakan salah satu dari peninggalan prasejarah masa megalit yang pernah berkembang di daerah Pagar Alam dan Lahat dan sering disebut dengan kebudayaan Pasemah. Arca yang terletak di tengah sawah ini telah diberi  pagar keliling yang terbuat dari besi.

 

Sumber: BPCB JAMBI


Galeri Gambar



Budaya Terkait