Kebudayaan Indonesia

Benteng De Verwachting Sanana

Tampak-Depan-Setelah-Dipugar1_1409885281.jpg

Benteng De Verwachting Sanana

Di pusat Kota Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Propinsi Maluku Utara pada koordinat UTM X 0831538 dan Y 9772498, terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda dengan nama De Verwachting. Dari sebuah catatan diketahui bahwa pada tahun 1623 masyarakat Ternate membangun sebuah benteng kecil yang diberi nama Het Klaverblad di kepulauan Sula. Dalam catatan lain bertanggal 24 Desember 1736 disebutkan bahwa pada masa pemerintahan Iskandar Zoelkarnaen Benteng Het Klaverblad diperbaharui dan kemudian diberi nama De Verwachting.

Benteng ini sudah pernah dipugar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Maluku Utara pada tahun 2007. Namun beberapa bagian benteng kembali mengalami kerusakan dan perlu segera dipugar. Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate menindaklanjutinya dengan melakukan Studi Teknis pada tanggal 5 – 12 Mei 2013 untuk mengumpulkan data teknis; arsitektural, struktural dan keterawatan benteng sebagai acuan dalan menetapkan prioritas, langkah kerja, dan metode pelaksanaan pemugaran.

Pemugaran benteng dilaksanakan pada September sampai dengan Desember 2013. Pekerjaannya meliputi; perbaikan plesteran dinding, rekonstruksi ruang jaga (guardiola) yang terdapat pada bastion sebelah Utara, perbaikan dudukan meriam, pemasangan paving blok pada jalur patroli, pembuatan rabat beton pada dinding luar benteng, dan perbaikan dua buah bangunan penunjang (saat ini dipakai sebagai kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sula Kepulauan) yang terdapat di dalam benteng. Penataan lingkungan benteng untuk pemugaran tahun anggaran 2013 belum dikerjakan karena lapangan tenis di depan benteng dan rumah penduduk di sekeliling benteng belum ada titik temu penyelesaiannya.

Sumber: BPCB Ternate


Galeri Gambar



Budaya Terkait