Inilah Wujud Temuan Koin Yang Sempat Menjadi Viral di Wonogiri

0

Berita penemuan koin keping mata uang Cina menjadi berita yang cukup hangat di Wonogiri dan sekitarnya. Koin keping  uang Cina ditemukan pada hari Jum’at tanggal 31 Agustus 2018 di area persawahan di Dusun Bulak Kulon, Desa Gunan Kecamatan Slogohimo. Koin tersebut ditemukan pada saat penemu, yang juga beralamat di Dusun Bulak Kulon, Desa Gunan, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri menggarap sawahnya untuk ditanami jagung.

BPCB Jateng telah melakukan peninjauan  di lokasi pada tanggal 7 September 2018 dan telah mengambil sampel untuk diteliti. Sebagian temuan sisanya masih disimpan oleh penemu di rumahnya. Inilah hasil dari analisis awal yang dilakukan oleh Winda Artista, staf BPCB Jateng yang juga melakukan peninjauan.

Temuan berupa keping mata uang Cina dengan kondisi sebagian besar masih menggumpal karena terjadi patinasi pada bahan logam. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah mengambil sampel sebanyak 48 (empat puluh delapan) keping koin, beberapa di antaranya juga masih menyatu antara 2 – 4 lapis keping. Keseluruhan temuan koin memiliki diameter antara 2,3 cm – 2,5 cm dengan ketebalan 1 mm dan memiliki lubang berbentuk persegi di bagian tengah.

Koin-koin tersebut dapat diidentifikasi untuk diketahui berdasarkan pertanggalan relatif dilihat dari tulisan/huruf/aksara yang tertera di salah satu sisi koin. Karena kondisinya yang telah mengalami korosi dan patinasi sehingga sebagian besar tulisan tersebut sudah tidak begitu jelas, akan tetapi beberapa masih dapat diidentifikasi. Dari sampel yang ada dapat diidentifikasi sebagai berikut:

  1. Koin Kerajaan Xia Barat (1032-1227) Kerajaan Xia Barat memerintah dari tahun 1032 – 1227 , menguasai wilayah Tiongkok bagian barat laut yang saat ini meliputi Provinsi Ningxia, Gansu, Qinghai Timur, Shaanxi Utara, Xinjiang Timur Laut, sebagian Mongolia terutama Mongolia Selatan.
  2. Koin Kerajaan Sung/Song Utara (960 – 1127 Masehi) Kerajaan Sung Utara merupakan bagian dari Dinasti Sung/Song. Dinasti Sung/Song adalah salah satu dinasti yang memerintah di Tiongkok antara tahun 960 sampai dengan tahun 1279 sebelum Tiongkok diinvasi oleh bangsa Monggol.

 

Sumber: BPCB JATENG

Share.

About Author

Leave A Reply