Gelaran Konser Persahabatan Indonesia dan Peru, AMISTAD

0

187

Jakarta Perayaan hubungan diplomatis Indonesia dan Peru yang telah berlangsung 40 tahun digelar. Kedutaan Besar Peru bekerja sama dengan Ananda Sukarlan menggelar konser musik indah nan syahdu, AMISTAD. Konser persahabatan ini digelar pada Selasa (8/9) di Teater Usmar Ismail.

Mengawali acara, Ananda Sukarlan menyapa para tamu yang telah hadir memenuhi ruang gedung teater. Ananda pun menjelaskan rangkaian serta pengisi acara gelaran Amistad. Amistad itu artinya persahabatan. Persahabatan antara Peru dan Indonesia dalam berbagai hal, ujarnya. Ananda pun juga menuturkan bahwa melalui gelaran musik ini kita dapat saling mempelajari kebudayaan satu sama lain.

Penampilan pembuka oleh Evelyn Merrelita (Penyanyi Sopran Indonesia). Lengkingan suara merdu Evelyn diiringi oleh alunan piano dari Ananda. Setelah itu, Rudi Fernandez-Cardenas (Penyanyi Bariton Peru) unjuk gigi. Keindahan suaranya menggema di dalam ruang teater dan tak sedikit hadirin yang berdecak kagum menyaksikan penampilan apik dari kedua penyanyi tersebut. Evelyn juga menyanyikan lagu dari salah satu komposer Peru dan Rudi menyanyikan lagu dari Indonesia. Mereka juga berduet.

Ananda juga menampilkan berbagai kejutan, seperti membawakan lagu Amistad yang diciptakan oleh Ananda Sukarlan dimana dalam lagu itu menjelaskan terkait hubungan persahabatan Indonesia dengan Peru. Lagu Amistad dibawakan oleh Andika Candra (pan flute), Giovani Biga Dave Nathanael (violin), Ratna Nur Salim, dan Rachman Noor (cello).

Perlahan Andika meniup pan flute dan alunan nada lembut nan syahdu pun terdengar. Kombinasi ritme skala Jawa Barat (Sunda) dan Peru dipadukan dengan indah. Terdengar pula lagu Es Lilin dimainkan.

Selain itu, Ananda juga membawakan lagu dari beberapa puisi yaitu Sejak Ibu (Wiji Thukul), Setiembre (Cesar Vallejo), Mariposa (Jose Luis Mejia), Aku Ingin Menjadi Malam (Sirikit Syah). Tak hanya puisi, Ananda juga menampilkan lagu Hidup dan Gadis Bernyanyi di Cerah Hari yang diciptakan oleh Mochtar Embut (Salah satu pianis dan komposer Indonesia).

Menutup acara, penyerahan bunga kepada Ananda Sukarlan, Rudi Fernandez-Cardenas, dan Evelyn Merrelita oleh Roberto Hernan Seminario, Kedutaan Besar Peru oleh Indonesia.

Share.

About Author

Comments are closed.