Kebudayaan Indonesia

Mimpi Burhanudin Bertemu Presiden Terwujud di Rembuknas

burhanudin sepeda_1485570077.jpeg

Jakarta - Bertemu langsung dengan orang nomor satu di negeri ini adalah impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Begitu pula yang dirasakan Burhanudin siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Hidayah Bekasi sedari kecil. Selama tiga periode pemerintahan sebelumnya, mimpi Muhammad Burhan Budiman itu baru terwujud pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Dia tidak pernah menyangka bahwa mimpinya menjadi kenyataan di acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2017 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (26/1/2017).

Burhan panggilannya, berkesempatan maju ke atas panggung untuk menjawab pertanyaan dari Presiden Jokowi bersama enam orang lainnya setelah terpilih dari ratusan anak yang mengangkat tangan. Tiba giliran siswa yang bercita-cita menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu menjawab pertanyaan dari Presiden Jokowi untuk menyebutkan tiga nama provinsi di Indonesia. Pertanyaan itu terasa mudah bukan? Tapi tidak mudah kala menjawabnya langsung di hadapan Presiden dan disaksikan sekitar dua ribuan penonton, dengan terbata-bata menyebutkan nama provinsi di Indonesia bahkan sampai salah menyebutkannya harus dia jalani. Rasa gugup itu pun dapat dilaluinya dan terbayarkan oleh hadiah sepeda yang boleh dia bawa pulang dari beliau.

Raut wajah bahagia memancar ketika dia berjabat tangan dengan kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Republik Indonesia itu. Dengan senyum gembira dia turun dari atas panggung dan memilih hadiah sepeda baginya beserta kenangan tak terlupakan yang akan dia ceritakan kepada teman-teman di sekolahnya. “Sepedanya akan digunakan untuk keperluan bersekolah,” kata siswa kelahiran tahun 2001 itu.

Rasa bangga dan kenangan yang tidak akan terlupakan saat bertemu Presiden Jokowi itu pun sama dirasakan oleh rekan satu sekolah Burhan. Dia adalah Suryadi yang juga mendapatkan hadiah serupa dari Presiden. Dia sangat menginginkan beliau berkunjung ke sekolahnya di Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi itu agar teman-teman lainnya di sekolah dapat pengalaman yang sama bertemu dengan pemimpin nomor satu di republik ini.