112

Yogyakarta. Upacara Tawur Agung Kesanga Nasional Tahun Baru Saka 1937 yang berlangsung di pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, merupakan salah satu rangkaian prosesi sakral menjelang Hari Raya Nyepi. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, turut menghadiri pembukaan Upacara Tawur Agung Kesanga Nasional.

Semoga di tahun yang baru ini, umat Hindu di manapun berada, memperoleh kedamaian, memperoleh kebahagiaan, dan memperoleh kesejahteraan. Upacara Tawur Kesanga bagi umat Hindu merupakan peringatan yang sakral sebagai sarana untuk memahami keberadaan diri sekaligus introspeksi dalam menjalani kehidupan. Sebagai bagian dari peringatan Hari Raya Nyepi, Upacara Tawur Kesanga dapat menjadi inspirasi dan semangat baru bagi umat Hindu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ujar Joko Widodo.

Dalam sambutannya, presiden Joko Widodo turut berpesan untuk menjaga harmonisasi kehidupan antara manusia dan Tuhan, lingkungan maupun sesama. Diharapkan Upacara Tawur Agung Kesanga Nasional berlangsung lancar dan merefleksikan nilai-nilai spiritual serta turut melestarikan keberagaman budaya Indonesia.

Categories: _kontenlama