Belajar sejarah lewat film "Pelabuhan Karangantu"

0

65

Jakarta 29 Agustus 2014. Sebagai bagian dari acara pameran cagar budaya bawah air Indonesia yang diselenggarakan oleh direktorat pelestarian cagar budaya dan permuseuman di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta. Panitia menggelar nonton bareng dan talkshow film pelabuhan karangantu. Pemutaran film ini dilakukan untuk menarik minat generasi muda tentang peninggalan-peninggalan sejarah Indonesia yang sangat kaya.

Film pelabuhan karangantu ini adalah hasil kerja sama dari direktorat pelestarian cagar budaya dan permuseuman dengan Jagad Budaya Production. Latar belakang pembuatan film ini adalah awalnya karena kecintaan para sineas muda dengan sejarah Indonesia dan ingin membuat sebuah karya yang dapat dinikmati oleh semua golongan.

Film berdurasi kurang lebih 30 menit ini menceritakan tentang sejarah dari pelabuhan karangantu yang sempat menjadi pusat perdagangan di Banten. Proses riset dan syuting film ini pun cukup lama total para sineas muda ini menghabiskan waktu 2 bulan agar film ini bisa dinikmati oleh para penonton. Walaupun mengambil tema sejarah, tapi para sineas ini membuatnya dengan grafik dan animasi 3D agar gambaran tentang kejayaan pelabuhan karangantu itu dapat ditangkap oleh para penonton.

Penonton pun cukup terhibur dan mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru dari film dan pameran yang diselenggarakan. Mereka yang pada awalnya hanya sekedar jalan-jalan di Grand Indonesia, kebetulan lewat di area pameran, dan kebetulan ada pemutaran film ini jadi tahu tentang sejarah pelabuhan Indonesia. Sehingga wawasan mereka tentang sejarah Indonesia semakin bertambah, dan berharap pemutaran film seperti ini dapat terus dilakukan di sekolah-sekolah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada sejarah Indonesia.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.