Belajar Bersama Maestro Purwacaraka di Saung Angklung Mang Udjo

0

140

Bandung Usai mengunjungi cabang pertama Purwa Caraka Music Studio (PCMS), para peserta BBM berkunjung ke Saung Angklung Mang Udjo dan bertemu dengan peserta lainnya dari maestro SAM Udjo. Banyak hal yang didapat di sanggar angklung yang sudah mendunia ini, salah satunya tentang harmonisasi musik angklung, kultur masyarakat Jawa Barat, serta pembelajaran-pembelajaran menarik lainnya.

BBM Purwacaraka ke Saung Mang Udjo

Di Saung Angklung Mang Udjo, para peserta BBM dan Purwacaraka bersama-sama menyaksikan Pertunjukan Bambu Saung Angklung Udjo, yang terdiri dari wayang golek diiringi dengan angklung, helaran, tari topeng, angklung mini, arumba, angklung padaeng, pertunjukan orkestra angklung hingga belajar memainkan angklung dibimbing langsung oleh anak dari SAM Udjo. Para peserta dan penonton lainnya membaur dalam kolaborasi musik yang mereka mainkan, dilanjutkan dengan menari bersama para pemain angklung di panggung.

BBM Purwacaraka ke Saung Mang Udjo

Kekompakan dan harmonisasi tercermin lewat alat musik angklung yang hanya memiliki satu not. Jika banyak not digabungkan dengan sebuah gerakan yang serasi, maka hasilnya pun akan selaras dalam harmoni. Didapat pembelajaran bahwa musik bukanlah hal yang memiliki harga mati, musik adalah keleluasaan dan kebebasan berpikir serta berkreasi.

BBM Purwacaraka ke Saung Mang Udjo

Setelah belajar dan bermain bersama di Saung Angklung Mang Udjo, para peserta diajak berkunjung ke situs-situs memorial kota Bandung, seperti Gedung Sate, Gedung Merdeka, Titik Nol Kilometer Bandung, dan alun-alun. Safari singkat dalam waktu sehari ini menjadi momentum yang berharga bagi para peserta BBM dan Purwacaraka sebagai sarana untuk mengakrabkan persona masing-masing.

BBM Purwacaraka ke Bandung

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.