Alunan Musik Nusantara Menghiasi Gedung Kemdikbud

0

217

Jakarta Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerjasama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Konser Karawitan Muda Indonesia ke-9, Jumat (4/12), yang bertempat di Aula Plaza Insan Berprestasi Kompleks Kemdikbud.

Tari Kembang Tiga mengawali acara. Acara selanjutnya adalah kumandang Lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan yang hadir. Kemudian sambutan oleh Dirjen Kebudayaan, Kacung Marijan, Ketua Harian KNI UNESCO, dan Mendikbud, Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Kacung Marijan menjelaskan bahwa konser karawitan tidak hanya para kalangan dewasa saja namun juga kalangan remaja. Karawitan harus terus dilestarikan dari selera anak muda yang luar biasa, tuturnya.

Anies Baswedan pun begitu mengapresiasi acara ini. Karawitan adalah suatu keindahan dan kehalusan yang kompleks, ujarnya. Beliau juga mengatakan bahwa berekspresi melalui karawitan bisa dibuat terobosan baru misalnya berkolaborasi dengan seni lain. Kita ingin melestarikan dan mengembangkan. Membuka ruang kreativitas baru, tutupnya.

Setelah berbagai sambutan dari 9 penampilan Karawitan Muda Indonesia dari berbagai propinsi. Penampil karawitan berasal dari Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Tengah, Papua, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kepulauan Riau.

Para tamu undangan begitu terpukau dengan berbagai penampilan Karawitan Muda Indonesia. Sorak sorai dan tepuk tangan riuh kerapkali meramaikan ruang. Acara ditutup dengan Tari Kolangan dan penyerahan plakat kepada perwakilan semua peserta Karawitan Muda Indonesia.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.