Ajak Anak Bermain Ke 5 Museum di Jakarta ini

0

243

Jakarta –Di Jakarta, Ada banyak pilihan obyek wisata untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Mulai dari museum, taman, tempat kuliner, bahkan hingga menyeberang ke Kepulauan Seribu. Tempat-tempat lain yang dapat dikunjungi adalah taman hiburan seperti Kawasan Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah.

Jika mengajak anak untuk berwisata edukasi, museum dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengunjungi museum, anak dapat mengetahui perjalanan sejarah suatu bidang. Berikut adalah lima museum di Jakarta yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara

Museum Nasional

Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta atau berada di sebelah barat dari Tugu Monas (Monumen Nasional). Museum ini memiliki koleksi benda-benda prasejarah dengan tujuh jenis yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi. Selain melihat benda-benda prasejarah mulai bulan ini Museum nasional memiliki kegiatan belajar menari tradisional GRATIS yang diajarkan oleh komunitas belantara budaya.

Museum Nasional buka mulai hari Selasa-Jumat dari 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu dari 08.00-17.00 WIB, dan hari Senin/hari besar nasional, tutup. Untuk dapat memasuki museum, wisatawan dikenakan biaya yaitu dewasa Rp 5.000, anak-anak Rp 2.000, sementara wisatawan asing Rp 10.000.

Museum Naskah Proklamasi

Museum ini terletak di jalanImam Bonjol No. 1Menteng Jakarta pusat. Museum ini merupakan saksi bisu perumasan naskah proklamasi pada saat persiapan kemerdekaan Indonesia. Dulunya rumah ini adalah rumah Laksamana Maeda dan kini diubah menjadi museum. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini maka Anda akan dikenakan biaya yaitu dewasa Rp 2000, Dewasa rombongan (min 20org) : Rp 1000,Anak-anak perorangan Rp 1000, Anak-anak rombongan (min 20org) : @ Rp 500, sementara wisatawan asing Rp 10.000

Di Museum ini Anda bisa napak tilas detik-detik perumusan naskah proklamasi dan kejadian-kejadian penting lainnya yang terjadi saat itu. Selain itu tiap 17 Agustus museum ini menggelar pawai napak tilas yang diikuti oleh seluruh siswa, dan beberapa komunitas budaya.

Museum Basoeki Abdullah

Siapa yang tidak mengenal Basoeki Abdullah seorang maestro lukis yang dikenal sampai mancanegara, tidak sedikit para pelukis lokal terinspirasi dari lukisan karyanya. Karena nama besar dan koleksi yang begitu banyak maka koleksi-koleksi tersebut dapat Anda lihat di Museum Basoeki Abdullah yang letaknya berada di Jalan Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat Jakarta Selatan.

Di sana Anda dapat melihat koleksi lukisan Beliau dan juga segala peninggalannya pribadinya mulai dari baju hingga ruangan tempat biasa dia tidur, karena museum ini dulunya ada rumah beliau. Jika ingin berkunjung maka Anda akan dikenakan biaya dewasa perorangan Rp 2.000, anak-anak Rp 1.000 sedangkan museum ini buka mulai harii Selasa-Jumat dari 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu dari 08.00-17.00 WIB, dan hari Senin/hari besar nasional, tutup.

Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional terletak diJl. Dr. Abdul Rahman Saleh No. 26, Jakarta Pusat. Museum ini merupakan bekas gedung STOVIA yang pada zaman Jepang gedung ini dialih fungsikan sebagai tempat tawanan tentara Belanda. Namun setelah kemerdekaan gedung ini dijadikan museum untuk mengenang beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di gedung ini.

Gedung STOVIA menjadi salah satu tempat istimewa dalam sejarah perjalanan negeri ini, karena menjadi saksi lahirnya organisasi-organisasi pergerakan kebangsaan yaitu Boedi Oetomo, Trikoro Dharmo (Jong Java), Jong Minahasa, Jong Ambon, dan lain-lain. Di gedung ini juga beberapa tokoh pergerakan seperi Ki Hadjar Dewantara, Tjipto Mangoenkoesoemo, R. Soetomo, dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya yang pernah menimba ilmu.

Museum ini bukamulai harii Selasa-Jumat dari 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu dari 08.00-17.00 WIB, dan hari Senin/hari besar nasional, tutup. DanJika ingin berkunjung maka Anda akan dikenakan biaya dewasa perorangan Rp 2.000, anak-anak Rp 1.000.

Museum Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda adalah peristiwa penting dalam perjalanan kemerdekaan Indonesia. Karena saat peristiwa ini para pemuda dari seluruh Indonesia bertemu dan bersatu untuk melawan penjajahan, sehingga lahirlah Sumpah Pemuda.

Oleh karena itu Anda bisa berkunjung ke museum ini untuk melihat bagaimana peristiwa ini terjadi dan di sini pun terdapat biola yang digunakan WR Supratman untuk mengiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Museum ini terletak di jalan kramat raya no 106 Jakarta Pusat. Museum ini bukamulai harii Selasa-Jumat dari 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu dari 08.00-17.00 WIB, dan hari Senin/hari besar nasional, tutup. DanJika ingin berkunjung maka Anda akan dikenakan biaya dewasa perorangan Rp 2.000, anak-anak Rp 1.000.

Berbagai Sumber

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.