Ahmad Rizali: Flashmob Tari Pendet, Salah Satu Bentuk Pelibatan Publik

0

262

Jakarta Museum Nasional Indonesia menggelar acara menari bersama (flashmob) 1.000 peserta di halaman utama museum, pagi tadi. Didampingi Kepala Museum Nasional Indonesia Intan Mardiana, Staf Ahli Kemdikbud Ahmad Rizali meresmikan pembukaan Ayo Menari Bersama: Tunjukan Indonesiamu!.

Dijumpai usai acara, Ahmad Rizali menyatakan bahwa gelaran ini merupakan salah satu bentuk pelibatan publik dalam rangkaian program pemerintah. Museum adalah tempat publik. Milik publik. Jadi memang sudah seharusnya, museum ini digunakan untuk beragam kegiatan yang melibatkan publik, jelasnya.

Dengan membuka pagar, lanjutnya, adalah wujud nyata bahwa pemerintah mengundang dan mengajak masyarakat untuk datang berkunjung. Alhamdulillah kedatangan masyarakat hari ini cukup ramai. Saya harap, museum akan terus mengadakan acara-acara publik secara rutin, sehingga masyarakat bisa terlibat dan akan terus datang ke museum, Ahmad melanjutkan.

Museum sejatinya dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berbagai kegiatan, mulai dari pelatihan, pameran, hingga berbagai jenis gelaran kesenian. Melihat antusiasme masyarakat dalam acara Menari Bersama ini, Ahmad optimis dapat melibatkan publik secara lebih luas lagi pada acara kebudayaan lainnya.

Bila museum dapat dikelola dengan lebih baik lagi dan terus dikembangkan, saya yakin museum milik pemerintah dapat bersaing dengan museum-museum swasta yang ada saat ini, ujarnya.

Ia juga menyatakan, pemerintah tidak bisa tutup mata bahwa museum swasta lebih digandrungi, namun dengan segala upaya yang dilakukan, dirinya yakin museum milik pemerintah bisa menjadi nomor satu. Saya optimis, dengan koleksi yang kita miliki dan pengembangan yang dilakukan, kita bisa menjadi leader untuk museum-museum yang ada di Indonesia, karena inilah wajah Indonesia kita! tukasnya.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.