Aditya Gumay: Melihat adalah Proses Belajar Paling Efektif

0

158

Bogor Memasuki hari keenam, sang maestro Aditya Gumay masih terus memberikan segudang ilmunya kepada para peserta Belajar Bersama Maestro (BBM). Kali ini, Adit mengajarkan cara membuat naskah dan dialog film pendek. Menariknya, untuk sesi belajar kali ini Adit mengajak semua peserta melihat langsung proses pembuatan film di Curug Cilember, Bogor, dari tanggal 30 Juni-2 Juli 2015.

Adit meyakini, metode pembelajaran semacam ini dpaat lebih mudah terserap oleh anak-anak ketimbang memberikan teori di dalam kelas.

Dengan mengajak anak ke luar untuk lebih dekat dengan alam, dan melihat langsung proses pembuatan film, saya percaya mereka akan lebih menyerap ilmu yang diberikan. Sebab menurut saya, melihat adalah proses transformasi ilmu yang paling efektif, papar Adit.

Syuting film pendek yang sedang digarap Sanggar Ananda ini, dimanfaatkan Adit sebagai salah satu materi pengajaran sekaligus workshop bagi peserta magang. Sehingga diharapkan, pengetahuan yang didapatkan akan menjadi lebih luas lagi.

Proses pembuatan film ini adalah bagian dari materi yang saya berikan. Dengan mengajak peserta BBM datang ke sini, akan banyak pengetahuan baru yang mereka dapat seperti, bagaimana pemain film berdialog, blocking, seting, bermain ekspresi, improvisasi, intonasi, dan sebagainya, Adit menjelaskan.

Dengan begitu, Adit menjelaskan, peserta tidak sekedar belajar tentang teori, namun praktek langsung. Belajar bisa di mana saja, asal kita bersungguh-sungguh, Allah akan membantu kita menjadi apa yang kita impikan, tutup Adit.

Bagi

Tentang Penulis

Komentar tertutup.